Senin, 02 Desember 2013

Rem Tak Berfungsi Diduga Jadi Penyebab Anjloknya Kereta di New York

New York - Penyebab anjloknya kereta metro di New York, Amerika Serikat yang merenggut empat nyawa masih belum diketahui pasti. Penyelidikan awal menyebut bahwa kereta dengan tujuh gerbong tersebut gagal melakukan pengereman ketika melintasi tikungan di daerah Bronx dengan kecepatan tinggi.
http://www.campaign.com/
Tidak seharusnya kereta tersebut melaju dengan kecepatan tinggi saat melintasi rel yang menikung. Empat hingga lima gerbong rangkaian kereta ini anjlok dan terguling. Untungnya, tidak ada gerbong yang sampai masuk ke dalam Sungai Harlem yang sejajar dengan rel kereta.
http://www.campaign.com/
Media setempat NBC News seperti dilansir news.com.au, Senin (2/12/2013), melaporkan bahwa teknisi kereta berusaha menarik tuas rem untuk mengurangi kecepatan saat kereta melewati tikungan dekat stasiun Spuyten Duyvil. Namun entah apa yang terjadi, pengereman tersebut gagal.
http://www.campaign.com/
Rem darurat tersebut tidak berfungsi dengan baik yang berujung pada insiden tragis ini. Banyak penumpang yang hendak berangkat kerja menumpang kereta metro dengan tujuan akhir Grand Central Terminal, Manhattan, New York ini.
http://www.campaign.com/
Dari empat korban tewas, tiga jasad diantaranya ditemukan di luar kereta sedangkan satu jasad lagi ditemukan di dalam kereta. Sebanyak 67 penumpang lainnya mengalami luka-luka, dengan 11 orang di antaranya dilaporkan dalam kondisi kritis. Teknisi bernama William Rockefeller (45) tersebut kini tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat.
http://www.campaign.com/
Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) maupun otoritas setempat enggan berspekulasi soal penyebab kecelakaan tersebut hingga ada hasil penyelidikan lengkap dari otoritas federal.
http://www.campaign.com/
Sedangkan Kepala Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA) Thomas F Prendergast menyatakan, aparat dan tim dari pihaknya akan melihat seluruh faktor yang ada untuk mencari tahu penyebab kecelakaan ini, termasuk kondisi kereta, rel dan sistem sinyal serta operator kereta dan kecepatan kereta saat kejadian.
http://www.campaign.com/
Tikungan yang menjadi lokasi anjloknya kereta ini memang merupakan area kecepatan rendah. Sejumlah penumpang melaporkan bahwa kecepatan kereta saat hendak melewati tikungan tersebut terasa lebih tinggi dari yang seharusnya.
http://www.campaign.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar